• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Manfaat Buah Bagi Kesehatan

 on Senin, 29 Agustus 2016  



















Manfaat Buah Bagi Kesehatan
Oleh :
Hendri Suprapto, SP.




         
 



































KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah Yang Maha Kuasa atas segala kemudahan dan kelancaran dalam segala hal, terutama dalam penulisan Brosur Manfaat Buah Bagi Kesehatanini. Sehingga penulis dapat menyelesaikannya....Amin.
            Semoga tulisan ini ada manfaat dan kegunaanya bagi para pembaca yang budiman. Dengan penuh rasa rendahati, penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang terdapat dalam penulisan maupun penyusunan Brosur ini.
            Akhirul kata, tiada kesempurnaan bagi seseorang melainkan milik Allahlah kesempurnaan itu.
            Terima Kasih
Kandis, 2016.

Penulis.
i
 



































DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR   .........................................................................
DAFTAR ISI   ........................................................................................
BAB I   PENDAHULUAN   ..................................................................
BAB II   MANFAAT BUAH RAMBUTAN   ......................................
2.1. Untuk Mengobati Kencing Manis   ...............................................
2.2. Untuk Mengobati Demam   ...........................................................
2.3. Untuk Mengobati Sariawan   .........................................................
BAB III   MANFAAT BUAH SRI KAYA   .........................................
3.1.  Bisul keras dan borok   ..................................................................
3.2. Mematangkan bisul   .....................................................................
3.3. Pingsan dan menenangkan orang yang histeris   ...........................
3.4. Membunuh kutu pada kepala   ......................................................
3.5. Anak cacingan   .............................................................................
3.6. Gangguan pencernaan   .................................................................
3.7. Kudis   ...........................................................................................
3.8. Diare   ............................................................................................
BAB IV   MANFAAT BUAH MATOA   .............................................
DAFTAR PUSTAKA   ..........................................................................
i
ii
1
3
3
3
3
4
4
4
4
5
5
5
5
5
7
8

ii
 



































BAB I
PENDAHULUAN

Buah-buahan merupakan salah satu makanan tambahan yang disukai oleh hampir semua orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain rasanya yang enak dan manis juga bentuk serta warnanyapun beraneka ragam.
Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam buah yang mempunyai khasiat dan manfaat bagi tubuh dan kesehatan kita seperti :

Ø  Buah Rambutan merupakan buah yang memiliki banyak rambut-rambut halus di bagian luarnya, sementara di bagian dalam dagingnya berwarna Putih dan memiliki biji lonjong, buah ini masuk kedalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Buah ini memiliki nama latin Niphelium lappaceum, banyak orang mengkomsumsi buah rambutan hanya karena rasanya yang enak, namun siapa sangka jika buah ini juga memiliki manfaat yang sangat beragam untuk Kesehatan tubuh manusia.

Ø  Buah Sri Kaya adalah buah yang hanya tumbuh di Daerah yang beriklim Tropis saja, dimana hanya akan berbuah jika sudah berumur 2 Tahun,  buah Sri kaya kadang di Kenal juga dengan nama Buah nona (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih. Rasanya sangat enak dan juga buah ini saat di makan akan ada aroma wangi.

1
 



































Ø  Buah Matoa adalah buah Khas dari papua yang mana Pohon dari buah ini tergolong Pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter, dengan diameter rata-rata 100cm, Buah ini memiliki nama latin Pometia pinnata, Buah Matoa mempunyai bentuk kecil berwarna hijau ketika masih muda, dan saat sudah matang buah ini akan berwarna kuning kehitaman, Buah matoa memiliki kulit yang keras di luarnya, sekarang buah ini sudah menyebar keseluruh Indonesia maupun keseluruh daratan Rendah.

2
 



































BAB II
MANFAAT BUAH RAMBUTAN
            Sebenarnya buah Rambutan ini memiliki banyak sekali Jenisnya seperti: Ropiah, Simacan, Sinyonya, Lebak bulus, Binjei dan juga masih banyak lagi, salah satu yang paling di kenal manfaatnya adalah untuk Mengobati Kencing manis.
2.1. Untuk Mengobati Kencing Manis
Siapkan 5 buah biji rambutan. Cuci bersih, kemudian gongseng biji tersebut di atas api sedang. Kemudian giling biji rambutan sampai menjadi bubuk atau serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas, setelah airnya dingin maka dapat diminum 2x sehari.
2.2.  Untuk Mengobati Demam
Siapkan 15 gram kulit buah rambutan. Kemudian cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air putih selama kurang lebih 15 menit. Setelah direbus, air di diamkan hingga dingin, lalu saring. Air hasil rebusan dapat diminum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.
2.3. Untuk Mengobati Sariawan
Siapkan kulit kayu rambutan sebanyak 3 ruas jari untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah dengan mencucinya terlebih dahulu, lalu rebus dengan dua gelas air putih sampai tersisa satu gelas. Gunakan air hasil perasan tersebut untuk berkumur selagi hangat.
3
 



































BAB III
MANFAAT BUAH SRI KAYA UNTUK KESEHATAN
Nah sudahkah pernah mencicipi buah yang satu ini, moga-moga aja anda sudah pernah mencicipinya, karena memang ada sebagian orang yang belum mengenalnya, buah ini juga mempunyai banyak manfaat yang terkandung di dalamnya seperti :

3.1.  Bisul keras dan borok
Ambil daun srikaya secukupnya lalu cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan campur dengan sedikit garam. Selanjutnya tempelkan pada bagian yang borokan atau bisulan dan balut dengan menggunakan kasa atau kain. Diamkan dan ganti 2-3 kali dalam sehari.

3.2.  Mematangkan bisul
Ambil daging buah yang telah masak kemudian giling halus dan tambahkan sedikit garam. Kemudian tempelkan pada bisul dan balu dengan memakai kasa atau kain.

3.3.  Pingsan dan menenangkan orang yang histeris
Siapkan daun srikaya secukupnya lalu cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Kemudian dekatkan tumbukan tersebut pada hidung si penderita supaya aromanya tercium oleh si penderita tersebut.


4
 



































3.4.  Membunuh kutu pada kepala
Siapkan kurang lebih 10 butir biji buah srikaya dan daun nya kurang lebih 1 genggam. Kemudian campur dan tumbuk hingga halus. Selanjutanya campur dengan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai merata. Tempelkan pada kepala dan bungkus dengan kain atau handuk. Diamkan hingga kurang lebih 3 jam kemudian cuci hingga bersih. Peringatan: hati-hati jangan sampai air bilasan masuk ke dalam mata sebab bisa mengakibatkan peradangan dan iritasi.
3.5.  Anak cacingan
Siapkan kurang lebih 15 lembar daun srikaya dan cuci bersih. Kemudian rebus dalam 5 gelas air dan diamkan hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan diamkan hingga dingin, lalu saring dan minum 3 kali sehari dengan porsi 1 gelas setiap minum.
3.6.  Gangguan pencernaan
Ambil daun srikaya secukupnya dan cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan  campurkan sedikit minyak kelapa lalu usapkan pada perut.
3.7.  Diare
Siapkan kurang lebih 6-10 gr kulit batang buah srikaya lalu cuci bersih. Kemudian potong dalam ukuran kecil dan rebus ke dalam 4 gelas air, tambahkan gula merah dan diamkan hingga tersisa kurang lebih 2 gelas. Angkat dan diamkan hingga dingin, lalu saring dan minum 2 x sehari.
3.8.  Kudis
Siapkan kurang lebih 15 lembar daun srikaya, cuci dan tumbuk hingga halus. Campur dengan sedikit kapur sirih sambil diremas-remas lalu gosokkan pada kulit yang kudisan. Lakukan secara rutin 2 x sehari.


5
 



































Ø  Sebagai catatan:
  1. Bagi ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi rebusan biji nya.
  2. Jika ingin mengkonsumsi rebusan biji, akar, dan kulit srikaya harus hati-hati karena ada kandungan racun nya. Harus di bawah pengawasan ahli herbal yang sudah berpengalaman.
Sungguh besar Nikmat yang sudah di berikan kepada kita, alangkah besar KaruniaNya yang telah memberikan kita Berbagai kemudahan atas ciptaanya, Setiap penyakit pasti ada obatnya.


6
 



































BAB IV
MANFAAT BUAH MATOA UNTUK KESEHATAN
Buah matoa dapat dikonsumsi segar dan memiliki rasa seperti gabungan antara rambutan dan lengkeng yang tentu saja membuat buah ini sangat lezat. Karena rasanya yang enak, buah ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Buah matoa kaya akan vitamin C dan vitamin E, tetapi buah ini kaya akan kandungan glukosa jenuh sehingga jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan menyebabkan “teler”.
Buah matoa selain kaya akan kandungan vitamin C dan E juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam bidang ekonomi. Harga jual buah matoa yang tinggi membuat buah ini dapat dimanfaatkan untuk membantu perekonomian masyarakat.
Kandungan vitamin C dalam buah matoa bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyerang system kekebalan tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.
Kandungan vitamin E pada buah matoa juga dapat membantu meringankan stress, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan serta meminimalkan resiko terserang penyakit kanker serta penyakit jantung koroner.
Vitamin E dalam buah matoa juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara menjaga serta meningkatkan kelembapan serta elastisitas kulit. Vitamin E juga beranfaat sebagai antioksidan yang bertugas menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa merusak serta menggerogoti sel-sel tubuh.



7
 



































DAFTAR PUSTAKA

Natawidjaja, P. Suparman. 1983. Mengenal Buah-buahan yang Bergizi. Pustaka Dian. Jakarta.
Ashari, Semeru. 1995. Holtikultura Aspek Budidaya. Universitas Indonesia Press (UI-Press). Jakarta
Rukmana, Rahmat. 1996. Nanas Budidaya dan Pascapanen. Kanisius. Yogyakarta.
E.W.M., Verheij & R.E. Coronel. 1997. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara II; Buah-buahan Yang Dapat Dimakan. PT. Gramedia Pustaka Utama dan Prosea Indonesia & European Commission. Jakarta.
AAK. 1998. Bertanam Pohon Buah-buahan. Kanisius. Yogyakarta
Badan Agribisnis Departemen Pertanian. 1999. Investasi Agribisnis Komoditas Unggulan Tanaman Pangan dan Holtikultura. Kanisius. Yogyakarta


8
 

















Manfaat Buah Bagi Kesehatan 4.5 5 Blog Heri D Senin, 29 Agustus 2016 Manfaat Buah Bagi Kesehatan ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme