• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

MENGENAL TANAMAN TIN DAN MANFAATNYA

 on Senin, 01 Agustus 2016  

MENGENAL TANAMAN TIN DAN MANFAATNYA
Sumber Gambar:


Mungkin belum semua orang mengenal tanaman tin dan buahnya. Namun nama buah tin mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita khususnya kaum muslimin dan muslimah. Di dalam Al-Qur'an pun terdapat surat tentang buah ini. Tetapi kita jarang atau bahkan belum melihat buahnya. Di Indonesia memang masih segelintir orang yang mencoba mengembangbiakannya. Pohon tin sebelumnya tidak ada di Indonesia. Ia harus mengimpor dari negara asalnya. Buah tin merupakan buah yang produktif karena terus menerus berbuah tanpa mengenal musim. Buah tin memiliki keunikan. Ia berbuah tetapi tidak berbunga.
Buah ini memiliki banyak varietas. Paling tidak terdapat dua belas macam buah tin. Diantaranya adalah yordan, tin ungu, red palestine, red turki, brown turki, negronne, black ischia, libya, black turki, long yellow, panace tiger, dan flanders. Namun yang papling disukai hanya enam varietas, yordan, tin ungu, red palestine, brown turki, libya, dan black turki.
Makin Hitam, Makin Manis. Pohon tin yordan adalah jenis yang paling terkenal di Indonesia. Jenis ini paling sering berbuah. Di tanam di dalam pot pun sering berbuah. Jika sudah matang, buahnya akan menguning. Rasa buah tin yordan ini paling manis dibandingkan buah tin lainnya.
Tin jenis brown turki pun tergolong rajin berbuah walaupun di dalam pot. Rasanya manis tetapi tidak semanis yordan. Seperti namanya, buah ini berwarnna coklat.
Semakin hitam, buahnya semakin manis. Tin ungu memiliki karakeristik daun yang berbeda. Jika tin lain memiliki daun yang beruas lima, tin ungu memiliki daun beruas tiga dan tebal seperti daun jati. Kelemahan dari jenis ini, hanya berbuah jika ditanam di tanah.
Bagi umat Islam nama buah tin akan sangat familiar terdengar, namun belum tentu banyak yang sudah melihat secara nyata bagaimana bentuk pohon dan buahnya. Buah Tin dalam Alquran menjadi nama salah satu surat (Surah At-tin), dalam ayat 1-2 Allah SWT menyebutkan Nama Buah Tin di dalamnya ("Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina," (at-Tin: 1-2)). Buah ini sangat banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya : Mengobati wasir, mengobati encok, Mengatasi kolesterol, mencegah penyakit jantung, memperlancar pencernaan, dan masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari buah tin bagi kesehatan
Dalam membudidayakan Buah Tin agar cepat berbuah sebenarnya yang paling tepat adalah dengan sistem cangkok, cara yang dilakukan hampir sama dengan tanaman mangga yaitu dengan memilih salah satu batangnya dan mulai mencangkok dengan cara yang benar. Jika sudah mengeluarkan akar, maka bibit hasil cangkokan dapat dipindah ke pot atau lahan tanam permanen lainnya. Namun jika anda tidak memiliki pohon induk yang dicangkok, maka budidaya buah tin dapat dilakukan dari biji buahnya. Kelemahan dari budidaya tin dari biji adalah pohon tin relative lama menghasilkan buah, dan kualitas buah belum tentu sama dengan yang dimiliki oleh pohon induk.
Cara menanam buah tin dari biji yang benar dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:
Menyiapkan Bibit
Benih tanaman Tin dapat berasal dari hasil pembenihan biji ataua dapat pula dari hasil cangkokan. Bila kita ingin cepat memperoleh bibit, maka sebaiknya bibit yang akan kita tanam berasal dari cangkokan.
Menyiapkan Lahan Tanam
Siapkan pot besar atau bisa juga menggunakan drum bekas yang dipotong menjadi 2 bagian, isi pot dengan campuran Tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tanah isian sebaiknya Tanah yang subur dan gembur, bias juga dicampur dengan sedikit pasir. Biarkan pot yang telah berisi campuran Tanah dan pupuk selama 2 minggu sebelum ditanami.
Menanam Bibit Buah Tin
Bibit buah tin yang telah siap dapat dipindahkan ke pot atau lubang tanam yang telah disiapkan, lepas pelastik polybag secara perlahan agar Tanah semaian tidak hancur. Masukkan ke pot atau lubang tanam dan tutup kembali dengan menggunakan Tanah, kemudian padatkan secara perlahan. Lakukan penyiraman setelah pohon buah tin sudah selesai ditanam. Penyiraman sebaiknya sewajarnya saja, agar pohon buah tin tidak membusuk.
Merawat tanaman Buah Tin
Perawatan buah tin tidak begitu sulit, tanaman ini sudah beradaptasi baik dengan iklim di Indonesia. Cukup lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari dengan penyiraman yang tidak terlalu banyak. Bersihkan sekitar pohon buah tin dari tumbuhan liar lainnya. Pemupukan dapat dilakukan kembali setelah usia pohon buah tin sekitar 4 bulan dari penanaman.
Buah tin tidak menganal musim, jika buah tin sudah mulai berbuah maka akan sepanjang tahun mengeluarkan buah.
Selain cara menanam yang mudah, kelebihan lain, pohon ara bisa dipanen dalam waktu relatif cepat. Saat usia enam bulan, tanaman ini sudah menghasilkan buah. Bahkan ada jenis ara yang bisa berbuah lebih cepat lagi, hanya dua bulan. Maksimal usia enam bulan sudah berbuah.
Keunggulan dari pohon ara adalah, kemampuannya memproduksi buah sepanjang tahun alias tidak tergantung pada musim tertentu. Ketika pohon ara berusia satu tahun, produksi buahnya sekitar dua kilogram (kg). Dan, waktu umurnya mencapai dua tahun, buah yang bisa dipanen ikut meningkat menjadi sekitar 5 kg. Semakin tua, produksi buahnya kian banyak.
Manfaat Buah Tin
Adapun kandungannya per 100 gram, yaitu: Nutritional value per 100 g (3.5 oz), Energy 250 kcal 1040 kJ, Carbohydrates 63.87 g, Sugars 47.92 g, Dietary fiber 9.8 g, Fat 0.93 g, Protein 3.30 g, Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%, Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%, Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%, Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%, Vitamin B6 0.106 mg 8%, Folate (Vit. B9) 9 ?g 2%, Vitamin C 1.2 mg 2%, Calcium 162 mg 16%, Iron 2.03 mg 16%, Magnesium 68 mg 18%, Phosphorus 67 mg 10%, Potassium 680 mg 14% dan Zinc 0.55 mg 6%.
Buah Tin tidak mengandung garan, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi. Hasil penelitian dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% dari pada keperluan zat serat seharian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut.
Banyak manfaat yang dimiliki oleh buah tin. Buah tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Kandungan coumarin dalam buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat dimakan sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.
Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Buah tin sangat efektif untuk proses penurunan berat badan karena kaya serat.
Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar. Rajin mengkonsumsi buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah anemia. Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin dapat membantu mengobati sembelit kronis. Buah tin kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, virus dalam tubuh manusia.
Selain buahnya, daunnya juga memiliki manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu untuk obat kencing batu, diabetes, dan asam urat. "Rebus lima ruas daun tin, lalu diminum airnya," ujar Suwandi. Air rebusan tersebut dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.(Rohayati, SP).

MENGENAL TANAMAN TIN DAN MANFAATNYA 4.5 5 Blog Heri D Senin, 01 Agustus 2016 MENGENAL TANAMAN TIN DAN MANFAATNYA Sumber Gambar: Mungkin belum semua orang mengenal tanaman tin dan buahnya. Namun nama buah ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme